Cara Memasak Rebung Enak Tidak Bau

Cara Memasak Rebung Enak Tidak Bau - Rebung adalah tunas kecil dari pohon bambu yang bersifat lunak. Siapa sangka jika rebung yang merupakan cikal bakal pohon bambu yang keras dan menjulang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Ya, sebagian dari kita mungkin tidak biasa menggunakan rebung sebagai salah satu komposisi makanan kita. Alasan terbesar mungkin adalah kerumitan untuk membersihkan dan mengelolanya menjadi makanan yang lezat. Atau alasan lain yang sangat praktis adalah karena rebung pada dasarnya memiliki bau pesing yang cukup menyengat sehingga sulit memasak rebung enak.

Cara Memasak Rebung Enak Tidak Bau

Namun di balik bau rebung yang menyengat tersebut, tahukah anda bahwa rebung juga kaya akan berbagai nutrisi penting antara lain vitamin a, serat, protein, thianin, kalium, antioksidan, zat besi, fosfor, vitamin c, dan lain sebagainya yang sangat berguna untuk kesehatan. Untuk itu, akan sangat rugi jika kita mengabaikan untuk mengkonsumsi rebung hanya karena kita tidak dapat mengolahnya dengan bebas bau. Padahal jika anda dapat mengolahnya dengan baik, maka anda akan mendapat rebung yang renyah dan gurih sehingga anda dapat memasak rebung enak yang cocok dijadikan sebagai isian lumpia, pelengkap opor, tumis, sayur lodeh, dan lain sebagainya.

Nah, agar anda dapat menikmati manfaat rebung dengan rasanya yang renyah, berikut Qiresep akan menjelaskan bagaimana cara mengolah rebung agar bau pesing dan menyengatnya dapat dihilangkan dan anda tinggal memasak rebung enak tanpa bau.

Cara Memasak Rebung yang Benar

Merebus rebung

Agar anda dapat memasak rebung enak tanpa bau, hilangkan baunya dengan cara direndam sebagai berikut:

1.    Merebus rebung dengan air putih

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan bau pesing pada rebung adalah dengan merebus rebung. Cara ini juga dapat menghilangkan rasa pahit pada rebung dan membuat teksturnya lebih empuk. Caranya, rebus rebung hingga empuk, kemudian buang airnya. Setelah itu, tiriskan lalu cuci bersih menggunakan air.

  2.    Merebus rebung dengan air kelapa

Selain merebus rebung menggunakan air biasa, anda juga bisa merebus rebung dengan menggunakan air kelapa. Selain dapat membantu menghilangkan bau pesing dan rasa pahit, cara ini juga dapat menambah citarasa tersendiri bagi masakan rebung anda. Caranya, rebus rebung dengan air kelapa hingga empuk, kemudian tiriskan.

  3.    Rebus dengan daun jeruk dan salam

Alternatif lain untuk menghilangkan bau pesing pada rebung adalah dengan merebus rebung dengan daun jeruk dan daun salam hingga tekstur rebung menjadi empuk kemudian tiriskan.

 

Merendam rebung

Selain merebus, agar anda dapat memasak rebung enak tanpa bau, anda juga dapat merendamnya dengan cara berikut:

  1.    Merendam rebung dalam larutan air kapur sirih

Merendam rebung ke dalam larutan air kapur sirih akan meminimalisir bau pesing, selain itu juga dapat membantu mempertahankan tekstur rebung. Caranya, rendam rebung yang telah diiris-iris ke dalam air kapur sirih.

  2.    Rendam rebung dengan air garam

Cara lain untuk menghilangkan bau pesing dan rasa pahit dalam rebung adalah dengan merendam rebung pada air garam antara 30 menit sampai dengan satu jam. Setelah itu, rebus rebung sebentar dan tiriskan.
Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau pesing yang menyengat dalam rebung agar anda dapat memasak rebung enak. Selain itu, rasa pahit yang terkandung dalam rebung juga dapat luruh oleh cara-cara tadi. Dengan demikian, anda tidak perlu kuatir lagi mengolah rebung menjadi aneka masakan lezat.