Resep Cilok Goang Kering Mudah Sederhana

Resep Cilok Goang Kering Mudah Sederhana - Cilok memang telah menjadi bagian penting dalam variasi camilan yang dimiliki indonesia. Istilah cilok sendiri diyakini muncul dari sebuah akronim “aci colok”. Akronim tersebut muncul dari bahan utama pembuatan cilok yang berasal dari tepung aci atau tepung kanji, dan cara makannya yang kebanyakan adalah dengan cara dicolok atau ditusuk. 

Resep Cilok Goang Kering Mudah Sederhana

Mulanya, cilok berasal dari jawa barat, yang kemudian saat ini menjadi jajanan yang dapat ditemukan hampir di seluruh sudut indonesia. Bahkan, anda tidak akan sulit menemukannya karena banyak pedagang cilok berkeliling menggunakan gerobak untuk memasarkannya. Nah, cilok sendiri secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni cilok rebus dan cilok kering dengan berbagai variasi turunannya. Pada kesempatan kali ini, Qiresep akan membahas mengenai cilok goang kering.
 

Cara membuat cilok goang lezat


Cilok goang kering adalah paduan cilok kering dengan sambal goang khas tasikmalaya. Jika biasanya kita sering menjumpai cilok disajikan dengan bumbu kacang, bumbu tabur balado, dan lain sebagainya. Kali ini, kita akan membahas langsung resep untuk membuat cilok goang kering ala tasikmalaya. Untuk membuatnya, anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan untuk cilok:
  •      500 gram tepung kanji
  •      250 gram tepung terigu
  •      1 batang daun bawang, iris kasar
  •      1 siung bawang putih
  •      1 bungkus kaldu sapi bubuk
  •      merica secukupnya
  •      garam secukupnya
  •      100 ml air

Bahan untuk sambal goang:
  •      10 buah cabai rawit merah, haluskan
  •      2 cm kencur
  •      50 ml air
  •      minyak goreng secukupnya

Setelah bahan-bahan untuk membuat cilok goang kering terkumpul, selanjutnya anda tinggal mengolahnya dengan langkah berikut:
1.    Pertama-tama, siapkan wadah yang telah dicuci bersih
2.    Masukkan bahan seperti tepung kanji dan tepung terigu ke dalam wadah, kemudian aduk secara merata.
3.    Masukkan irisan daun bawang ke dalam campuran tepung, lalu aduk-aduk kembali sampai irisan daun bawang menyebar.
4.    Masukkan garam, kaldu bubuk dan merica bubuk ke dalam wadah tadi, kemudian angkat dan sisihkan.
5.    Siapkan panci, lalu masukan air dan masak hingga mendidih.
6.    Masukan air yang telah mendidih tersebut ke dalam wadah berisi tepung dan bumbu, aduk-aduk secara merata sampai tidak ada adonan yang menggumpal, biarkan hingga adonan agak dingin.
7.    Jika adonan sudah agak dingin, uleni hingga kalis. Ambil sedikit demi sedikit adonan dan bentuk bagian adonan menjadi bulatan kecil, lakukan sampai adonan habis.
8.    Rebus kembali air di dalam panci dan biarkan hingga mendidih. Masukan bulatan kecil adonan dan terus masak hingga matang. Cilok yang matang akan mengapung di atas permukaan air. Angkat dan tiriskan.
9.    Siapkan wajan yang telah dicuci bersih, tuangkan sedikit minyak ke dalamnya, masukkan bawang putih dan tumis hingga wangi..
10.  Tuangkan air dan tambahkan gula serta garam. Sesuaikan takaran sesuai selera anda. Anda dapat mencicipinya selama proses memasak.
11.  Setelah mendidih, angkat dan sajikan.
Nah itulah dia resep cilok goang kering yang gurih dan lezat.mudah bukan cara pembuatannya? Pastikan anda menyajikan cilok hangat-hangat dan menyantapnya selagi masih hangat. Cilok yang sudah terlanjur dingin, akan berubah teksturnya menjadi alot dan tidak gurih. Selamat mencoba.