Resep Kolak Biji Salak Dari Tape

Resep Kolak Biji Salak Dari Tape - Saat anda mendengar kolak biji salak, apa yang terlintas di pikiran anda? Apakah anda berpikir bahwa biji buah salak yang keras itu akan menjadi isi dari kuah campuran gula dan santan? Tentu bukan ya, karena sifat biji buah salak sangat keras dan tidak bisa dimakan. Alih-alih ingin menikmatinya, biji salak justru akan tersangkut di kerongkongan anda. Seperti itu bukan? Namun, kolak biji salak sebenarnya adalah kolak yang isinya terbuat dari beraneka macam bahan dasar yang dipotong-potong menyerupai biji salak. Nah, sekarang saya akan mengajak anda berkesplorasi tentang kolak biji salak dari tape.
 
Resep Kolak Biji Salak Dari Tape

Kolak biji salak dari tape memiliki banyak manfaat, antara lain manfaat tape singkong seperti mengatasi penyakit darah tinggi, mencegah anemia, meningkatkan fungsi pencernaan, meningkatkan fungsi sistem syaraf dan otot, sumber probiotik, dan lain-lain. Begitu juga manfaat pisang yang dijadikan bahan pendamping yang kaya akan vitamin dan serat, dapat meningkatkan kesehatan otak, mengobati diabetes, mengatasi sakit maag, menjaga kesehatan jantung, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anda dapat memperoleh manfaat tersebut dalam rasa kolak yang nikmat. Jika anda biasa memperoleh oleh-oleh tape singkong, anda sekarang tidak perlu bingung lagi mau mengolahnya seperti apa. Dan anda juga tak perlu bingung, karena cara pembuatannya pun cukup mudah. Yuk, kita intip ulasan Qiresep tentang resep kolak biji salak berbahan tape singkong ini.

Resep Kolak Biji Salak Dari Tape

Untuk membuat kolak biji salak dari tape yang lezat dan sederhana, anda perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:
1.    1/2 kg tape singkong
2.    1/4 kg tepung sagu
3.    3 biji pisang tanduk
4.    2 bungkus santan kara
5.    Gula merah secukupnya
6.    3 buah daun pandan
7.    Garam secukupnya
8.    Air secukupnya

Setelah semua bahan terkumpul, pastikan juga perlengkapan telah terpenuhi. Kemudian, lakukan langkah-langkah pembuatan kolak biji salak dari tape sebagai berikut:
1.    Masukkan tape singkong dengan tepung sagu ke dalam wadah besar. Campur keduanya dan uleni sampai kalis.
2.    Setelah adonan kalis dan menyatu, bentuk adonan menyerupai biji salak sebesar bakso
3.    Potong-potong pisang tanduk dengan ukuran kecil
4.    Tuangkan air, gula merah, daun pandan, dan garam dalam panci. Panaskan.
5.    Setelah dipanaskan selama 8 menit, masukkan adonan biji salak yang sudah dibentuk dan pisang yang sudah dipotong. Biarkan selama kurang lebih 5 menit.
6.    Setelah adonan dan pisang direbus selama 5 menit, kemudian masukkan santan kara. Biarkan sampai mendidih dan matang

Nah, kolak biji salak dari tape anda sudah jadi. Cukup mudah bukan cara pembuatannya? Bahan-bahannya juga tidak susah untuk didapatkan di pasar. Kolak biji salak yang terbuat dari tape singkong dan pisang ini nikmat disajikan saat hangat, atau saat dingin dengan campuran es batu. Hmmm... Pasti nikmat sekali kolak ini mengalir di kerongkongan anda. Setali tiga uang dengan rasa yang mantap, anda juga akan mendapat berbagai manfaat dari tape singkong dan buah pisang yang kaya akan nutrisi.
 Baca juga: Resep Cilok Goang
Nah, itulah dia resep membuat kolak biji salak dari tape singkong. Anda dapat memanfaatkan tape singkong yang anda peroleh dari kerabat sebagai oleh-oleh perjalanan sebagai sajian nikmat keluarga. Pastikan anda mencobanya ya. Selamat berkreasi!