Resep Membuat Bakmoy Ayam Halal Istimewa

Resep bakmoy ayam adalah resep makanan yang dikembangkan untuk memenuhi cita rasa kuliner warga Indonesia yang rata-rata beragama muslim. Masakan ini aslinya menggunakan bahan daging babi sebagai bahan utama akan tetapi agar dapat dikonsumsi oleh semua orang maka sebagai jalan alternatifnya digunakanlah bahan daging ayam yang halal sebagai bahan dasarnya.

Resep Membuat Bakmoy Ayam Halal Istimewa

Daging ayam yang digunakan tidaklah sulit untuk ditemukan dan bisa anda beli dengan mudah di pasar tradisional. Anda bisa menggunakan bahan daging ayam kampung atau daging ayam potong biasa. Rasanya memang jauh lebih gurih bila menggunakan daging ayam kampung tapi apabila Anda tidak bisa menggunakan daging kampung maka gunakanlah daging ayam potong biasa. Bahan-bahan lain yang dibutuhkan ada di bawah ini. Berikut adalah ulasan Qiresep tentang cara membuat bakmoy ayam.
 

Resep Membuat Bakmoy Ayam Halal Istimewa 

Bahan-bahan Bakmoy Ayam
     Dada ayam (1 buah)
     Tahu (2 buah)
     Merica (1/2 sendok makan teh)
     Kecap manis (2 sendok makan)
     Kecap asin (1 sendok teh)
     Bawang putih (4 siung)
     Garam (secukupnya)
     Tulang ayam
     Seledri ( 4 batang)
     Daging udang (1/4 gram)
     Kuning telur (1 buah)
     Tepung kanji (2 sendok makan)

Cara membuat Bakmoy Ayam mudah
1. Langkah pertama yang Anda lakukan adalah dengan membuat kaldu ayam. Kaldu ayam ini ambil dari rebusan tulang ayam. Setelah mendapatkan kuah kaldu maka sisihkan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan membuat Bamoy.
2. Resep bakmoy ayam ini pertama cincanglah daging ayam secara teratur berbentuk kotak-kotak. Pastikan bahwa daging ayam telah bersih dari bagian kulitnya.
3. Kemudian potong pula secara dadu 2 potong tahu yang dipersiapkan tadi. Kemudian irislah bawang putih dan tumislah bawang tersebut ke dalam wajan yang telah diisi dengan sedikit minyak.
4. Tumislah bawang putih hingga mengeluarkan aroma sedap yang menggugah selera. Kemudian masukkan daging ayam yang telah di potong dadu serta masukan pula potongan dadu tahu ke dalam wajan lalu masaklah sebentar.
5. Lalu masukkan kecap asin, begitu pula kecap manis, garam, serta merica ke dalam wajan dan aduklah secara merata. Jangan lupa untuk memasukkan kaldu ayam yang telah dibuat sebelumnya.
6. Aduklah masakan hingga menyisakan sedikit kuah di wajan. Kemudian kecilkan api wajan dan biarkan bumbu meresap secara sempurna ke dalam masakan.
7. Cara membuat Bakmoy ayam ini dilanjutkan dengan memasak kuah yang diambil dari sisa rebusan daging ayam tadi. Kemudian tambahkan air dan masukkan potongan daun selederi serta potongan cacahan bawang putih. Tidak lupa untuk memasukkan bahan lagi seperti merica, kecap asin, dan garam dengan takaran secukupnya.
8. Kemudian beralih ke membuat udang goreng tepung. Caranya adalah dengan mencincang daging udang hingga halus. Kemudian tambahkan garam serta merica. Lalu masukkan kuning telur dan tepung kanji.
9. Campurlah semua bahan menjadi satu dan aduklah hingga rata dan bentuklah dengan ukuran yang lonjong memanjang dan gorenglah ke dalam wajah dengan minyak panas.
10. Setelah udang berubah warna menjadi kuning keemasan maka potonglah daging udang tersebut dan sisihkan terlebih dahulu.
11. Kemudian isilah mangkuk dengan nasi dan masukkan Bakmoy kedalamnya begitu pula udang goreng tepung. Tatalah hingga rapi kemudian siramlah masakan tersebut dengan kuah ayam. Tambahkan pula bawang goreng ke atasnya agar rasanya menjadi lebih gurih dan lezat.
Demikianlah cara membuat resep bakmoy ayam yang pastiya halal dan lezat. Anda dapat memasak masakan ini dengan mudah kapan pun Anda mau. Masakan ini bisa menjadi sarapan yang istimewa atau makan siang yang lezat. Bagaimana tertarik untuk membuatnya? Silahkan anda coba dirumah ya sobat.. Sekian ulasan Qiresep kali ini dan sampai jumpa di resep berikutnya 😉😉