Resep Kue Tradisional Dari Tepung Ketan

Resep Kue Tradisional Dari Tepung Ketan - Sangat banyak resep kue tradisional tepung ketan yang bisa Anda buat mulai dari kue kering yang terbuat dari bahan tepung ketan dengan nuansa manis gurih yang begitu mekar di lidah, kue bakpao tepung ketan hitam dengan nuansa lembut yang meleleh, hingga kue klapertart bola-bola ketan yang begitu menyejukkan. Begitu banyaknya jajanan tradisional yang bisa dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung ketan membuat ibunda menjadi kebingungan untuk mencari yang paling enak untuk dibuat. 

Resep Kue Tradisional Dari Tepung Ketan

Pada dasarnya semua jajanan tradisional ini memiliki citarasa yang unik antar masing-masing. Namun salah satu rekomendasi yang bisa Anda coba kali ini adalah kue tradisional dengan nama klapertart yang dibuat dari bahan tepung ketan. Berikut ini ulasannya dari Qiresep.

Bahan-bahan Pembuat Klapertart Tepung Ketan
     Tepung ketan hitam (sebanyak 125 gram)
     Tepung ketan putih (sebanyak 75 gram)
     Tepung sagu (1 sendok makan)
     Gula tepung (25 gram)
     Garam (1/4 sendok teh)
     Santan (bisa alami/instan sebanyak 1 liter)
     Kacang tanah yang telah disangrai dan dihaluskan (100 gram)
     Gula pasir (275 gram)
     Daun pandan (2 lembar yang diikat)
     Tepung terigu (75 gram)
     Tepung meizena (75 gram)
     Telur (2 kocok yang dikocok lepas)
     Pasta vanila (1/2 sendok teh)
     Margarin (2 sendok)
     Kelapa muda yang telah dikeruk (250 gram)
     Cream of tartar (1/4 sendok teh)

Cara Membuat Kue Tradisional dari Tepung Ketan
1.    Langkah pertama adalah menyiapkan segala bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang telah dijelaskan di atas digunakan untuk membuat bahan bola-bola klapertart, bahan isian bola-bola ketan, bahan klapertart, dan bahan pelapis kue. Untuk takaran bahan yang digunakan untuk membuat bola-bola ketan hitam, tepung ketan hitam yang diperlukan adalah sebanyak 100 gram sedangkan tepung ketan putih sebanyak 50 gram. Kemudian santan yang dibutuhkan adalah 120 ml.
2.    Lalu buatlah terlebih dahulu bola-bola ketan yang dibuat dengan cara mencampur bahan-bahan yakni tepung ketan hitam putih, tepung sagu, gula tepung, serta garam secukupnya ke dalam wadah. Kemudian aduk semua bahan tersebut menjadi satu dan aduklah hingga rata secara sempurna. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan santan secara sedikit demi sedikit.
3.    Langkah selanjutnya dalam membuat resep kue tradisional tepung ketan ini adalah menguleni adonan yang telah dicampur dengan santan alami tersebut hingga kalis secara sempurna. Kemudian setelah adonan ini jadi ambillah sebagian kecil dan buatlah bulatan.
4.    Saat membentuk bulatan bola-bola ketan ini sisipkan isian yang terbuat dari bahan kacang tanah yang telah disangrai dan dihaluskan yang sebelumnya telah dicampur dengan gula pasir dan sedikit garam. Masukkan isian ini ke dalam adonan bola-bola kecil yang Anda buat. Lakukanlah hal ini hingga seluruh adonan bola-bola ketan habis.
5.    Langkah selanjutnya membuat kue dari tepung ketan ini adalah dengan membuat klapertart. Caranya adalah dengan memanaskan santan sebanyak 750 ml ke dalam sebuah panci lalu masukkan pula sedikit garam dan gula pasir kemudian aduk hingga merata. Tetaplah aduk secara perlahan hingga santan mulai mendidih lalu kecilkan api kompor.
6.    Kemudian masukkan tepung terigu beserta tepung meizena ke dalam wadah dan masukkan sisa santan kedalamnya. Tuangkan pula rebusan susu dan masak semua bahan ini menjadi satu. Masaklah hingga terlihat letupan kecil di permukaan yang menandakan bahwa klapertart Anda sudah masak. Setelah itu angkat dan diamkan.
7.    Ambil telur dan masukkan ke dalam adonan. Aduklah hingga telur tercampur merata. Kemudian masukkan pula pasta vanilla agar aroma adonan menjadi lebih harum dan lezat. Bahan yang ditambahkan selanjutnya adalah margarin. Setelah itu aduk lagi hingga merata seluruhnya.
8.    Setelah adonan yang ini jadi, masukkan kelapa muda yang telah diserut serta bola-bola tepung ketan yang telah dibuat tadi kedalamnya dan aduk ketika api masih menyala dengan temperatur kecil. Setelah itu masukkan adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan.
9.    Gunakanlah loyang oval tahan panas yang telah dioles dengan margarin. Kemudian oven adonan tersebut dengan suhu kurang lebih 1600 celcius selama kurang lebih 35 menit. Setelah matang angkat dan diamkan selama beberapa menit hingga dingin.
10.  Kemudian berilah lapisan yang dioles dipermukaan klapertart ini dengan campuran bahan putih telur dengan sedikit garam dan cream of tartar hingga mengembang dan menjadi krim. Lalu masukkan pula gula pasir dan kocok hingga penuh lalu masukkan tepung terigu.
11.  Setelah itu masukkan tepung ketan dan aduk kembali hingga semuanya rata. Krim ini lantas dioleskan di atas klapertart yang telah jadi tadi dan dioven kembali dalam suhu yang lebih panas yakni hingga 1800 celcius selama kurang lebih 15 menit hingga kue berkrim menunjukkan warna kecoklatan. Setelah itu kue siap disajikan bersama teh hangat.
Baca juga:
Itulah langkah-langkah yang diperlukan untuk bisa membuat resep kue tradisional tepung ketan yang khas, nikmat, dan mewah yakni dengan membuat kue klapertart dengan bola-bola ketan yang begitu lezat.